Thursday, June 21, 2007

Kriteria

Setiap orang pasti punya cita2, hasil dan apapun yang ingin dia capai dalam setiap langkah hidupnya. Dan tolok ukur keberhasilan tiap orang dalam menggapai apapun yang jadi tujuan hidupnya tentu saja tidak terlepas dari kriteria apa yang dipakai untuk menentukan apakah dia sukses atau tidak.

Contoh: seseorang mempunyai tujuan untuk berhasil dalam pekerjaan, dan kriteria yang dia pakai untuk menentukan dia berhasil atau tidak adalah: Gaji yang besar, Posisi yang enak, Lingkungan kerja yang asik, atau berhasilnya dia menguasai bidang pekerjaannya.

seseorang yang mempunyai tujuan untuk berhasil dalam rumah tangganya, kriteria yang dia pakai adalah: punya istri/suami yang cantik/keren, punya anak cukup, penghasilan secara finansial bagus, dll

Pertanyaannya adalah bukan kepada berhasil atau tidaknya tujuan tersebut tapi lebih pada TEPATkah kriteria yang kita pakai?

Saya pernah menjumpai teman yang mempunyai kriteria keberhasilan dalam kerja adalah 'ber Gaji Besar"...tidak salah..tapi dalam perjalanan hidupnya meniti karir, ternyata gaji besar tidak menentukan apakah dia berhasil atau tidak dalam pekerjaannya, karena tidak jarang dia harus membuat keputusan yang merugikan orang banyak dan itu sangat mengganggu hati nuraninya.

Sebanyak apapun kriteria yang kita berikan, setinggi apapun cita2 yang ingin kita gapai, selalu pada akhirnya kita menilai keberhasilan kita pada apakah kita sudah cukup berbahagia dengan keadaan itu?

Lalu apakah dengan terpenuhinya semua kriteria itu bisa berarti bahwa kita berhasil? bisa saja, tapi apakah kita berbahagia dengan keberhasilan itu? belum tentu..

Itulah sebabnya maka kita perlu untuk mensyukuri apa yang kita gapai dengan seluruh usaha dan kerja keras kita, perlu untuk menyadari bahwa kita sesungguhnya adalah manusia yang tidak super power, dalam arti memiliki kelemahan.

Usaha, kerja keras, sikap bersyukur adalah penentu kebahagiaan kita, diluar dari kriteria2 yang telah kita atur bagi diri kita sendiri.

Semoga kita semakin bersyukur...:)..have a nice day..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home